Translate

Score prchecker.info

adsensecamp.com


Followers

Sponsor kumpulblogger.com

Sahabat Blog Saya

Label

Clicksor.com

Minggu, 03 Maret 2013

Strategi SISTEM Pemasaran Online


 
 

Strategi SISTEM Pemasaran Online

Internet marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk  atau jasa melalui atau menggunakan media Internet. Lambat laun berkembang menjadi situs yang kaya informasi dan seorang pemula mudah sering kebingungan harus memulai dari mana.

Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting. Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari, search engine), e-mail (surat elektronik atau e-surat ), email advertising (periklanan lewat e-surat), affiliate marketing( pemasaran afiliasi), advertensi interaktif (interactive advertising),

Garis besar strategi pemasaran online dapat dibagi menjadi 6 langkah, yang saya singkat SISTEM:

   1. S – Search and research. Melakukan proses pencarian dan riset ceruk pasar dan kompetitor Anda.

   2. I – Initiate strategy. Tentukan sistem dan strategi yang akan dipergunakan untuk menjangkau prospek dan pelanggan.

   3. S – Start content engine. Pergunakan berbagai konten untuk menarik orang kepada bisnis Anda.

   4. T – Traffic. Mendatangkan pengunjung ke situs Anda.

   5. E – Embrace relationship. Bina hubungan dengan pelanggan melalui berbagai kanal.

   6. M – Money. Strategi mendatangkan pendapatan dan keuntungan.

Pemabahasan SISTEM dalam berInternet marketing adalah

1. S – Search and Research

Dapat saya katakan sekitar 90 persen orang melakukannya dengan cara yang salah, atau bahkan tidak sama sekali. Itu bila diumpamakan sama sekali mengarahkan anak panah secara acak dan berharap mengenai sasaran. Usaha yang dilakukan hanya akan membuang waktu, tenaga dan dana saja.

Memiliki situs tanpa mengerti untuk apa situs itu dipakai tidak akan banyak bermanfaat. Mengapa? Karena Internet segera akan menjadi area yang pelik dengan persaingan yang tinggi. Metode terbaik untuk sukses dalam suatu ceruk pasar adalah melakukan riset di mana Anda:

   a. Bisa menemukan prospek dan pembeli yang tertarik dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.
   b. Dapat memberikan nilai tambah dalam bentuk pengetahuan maupun layanan.
   c. Dengan efisien dapat menjangkau pasar atau bekerjasama dengan pemain yang ada.

Banyak sekali cara seorang marketer dapat mendapatkan pelanggan dari dunia maya. Ada yang memilih memakai jalan pintas dengan membeli iklan di situs-situs yang ramai pengunjung atau dari mesin pencari. Beberapa lebih suka membangun situs web dengan informasi yang membantu calon pembeli. Lalu melalui suatu proses mengkonversi prospek menjadi pelanggan.

Tujuan langkah ini adalah mengetahui dari mana Anda dapat menjangkau prospek dan pelanggan. Bagi yang ingin memulai bisnis online, langkah ini melibatkan proses pencarian ceruk pasar. Tentu saja Anda juga ingin mengetahui apa yang dilakukan kompetitor. Riset sederhana dapat dilakukan dengan biaya yang relatif ekonomis.

2. I – Initiate Strategy

Kebanyakan orang berpikir Internet marketing itu identik dengan situs web. Itulah permulaan dan akhir dari strategi Internet. Satu dasawarsa yang lalu, pernyataan itu benar. Sekarang tidak lagi. Strategi pemasaran Internet berkembang sangat pesat sehingga informasi yang segar selalu diperlukan jika tidak ingin ketinggalan.

Walaupun situs web masih menempati posisi inti, kenyataannya tidak harus dimulai dari sana. Contohnya saja, saya tahu ada banyak usaha mikro, kecil dan menengah yang langsung terjun dalam salah satu situs jejaring sosial. Ekspansi kemudian dilakukan setelah mereka berhasil di sana, atau merasakan manfaat dan potensinya yang memang sangat besar.

Satu model yang baik adalah membangun situs web sebagai pusat dari segala aktifitas bisnis. Jejaring sosial dapat dipergunakan untuk mendatangkan pengunjung ke situs. Selain itu, masih banyak strategi mendatangkan pengunjung yang lain. Dan sekali lagi, semua diarahkan ke situs web agar dapat mencari tahu, memahami dan melakukan transaksi di sana.

Walaupun situs web bagian yang penting dari strategi pemasaran online, bagi sebagian orang langkah ini masih terlalu jauh. Adakah cara yang lebih ekonomis dan cepat untuk mengukur pasar tanpa harus langsung terjun membuat website? Jawaban singkatnya ada.

Saya telah menulis beberapa modul untuk menerangkan keseluruhan prosesnya. Silakan berlangganan newsletter Bisikan Sukses (gratis untuk sementara waktu) dan akan saya beberkan cara agar siapapun dapat memulai tanpa modal, tanpa situs web, dan tanpa produk.


3. S – Start Content Engine

Konten masih merupakan materi penting dalam strategi pemasaran online. Mengapa? Karena semua orang ketika berselancar di dunia maya, mereka mencari konten dalam satu bentuk atau lainnya.

Contoh kasus praktis yang dilakukan pengguna Internet sehari-hari.Siswa Siswi dan mahasiswa mahasiswi mencari bahan untuk pekerjaan rumah atau makalah. Tenaga kerja mencari lowongan pekerjaan baru. Staf kantor dan profesional mencari jawaban atas masalah yang mereka hadapi. Ibu rumah tangga menggunakan Internet untuk menemukan resep masakan baru. Orang-orang juga mempergunakan media ini untuk mencari hiburan dalam bentuk lagu dan video.

seorang Internet marketer harus mengetahui bagaimana cara membuat dan mendistrusikan konten dengan baik.

Strategi membuat konten tidak serumit yang dibayangkan kebanyakan orang. Dengan cara yang benar, Anda juga dapat memenuhi situs dengan konten yang diinginkan pemirsa. Hal ini memungkinkan terjadinya penjualan tanpa harus menjual. Suatu konsep yang mungkin kontroversial bagi Anda karena pelanggan dan klien yang datang mencari Anda, dan bukan sebaliknya. Strategi pemasaran Internet ini saya namakan content marketing.

4. T – Traffic

Di langkah kedua di atas, saya telah menyinggung sekilas mengenai strategi mendatangkan pengunjung. Itu penting agar Anda mempunyai gambaran mengenai keseluruhan prosesnya. Beberapa strategi yang populer termasuk:

    * Search engine optimization. Ilmu, teknik dan proses memposisikan halaman situs web Anda di posisi yang tinggi di halaman pencarian untuk kata kunci yang dipakai prospek dan pelanggan Anda.
    * Pay per click atau bayar / biaya per klik. Sistem periklanan yang diterapkan di Google salah satunya, di mana setiap kali iklan Anda diklik, Anda membayar sejumlah uang. Strategi ini bekerja dengan baik untuk eksperimen dan jika Anda telah memiliki proses penjualan yang baik.
    * Affiliate marketing. Strategi pemasaran di mana Anda menarik Internet marketer berpengalaman untuk menjadi rekan bisnis lepas. Anda dapat memutuskan untuk membayar mereka dalam bentuk komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan dari mereka (Cost Per Sale atau CPS), untuk setiap prospek (Cost Per Action atau CPA), ataupun untuk setiap klik (Cost Per Click atau CPC, Cost Per Mille atau CPM).
    * Media buying. Meliputi pembelian iklan untuk ditampilkan pada berbagai situs. Strategi ini dapat dikombinasikan sekaligus dengan teknik pemasaran di dunia nyata dalam bentuk pembelian iklan di radio, televisi dan media cetak.
    * Social media. Strategi ini naik daun pada beberapa tahun belakangan ini. Pada dasarnya ia meliputi interaksi langsung dengan pemirsa, prospek dan konsumen di situs media sosial.
    * Email marketing. Mempergunakan email sebagai sarana komunikasi menjangkau pemirsa. Dengan konten yang baik akan dapat menarik pengunjung kembali ke situs Anda berulang kali. Lihat langkah selanjutnya.


5. E – Embrace relationship.

Sebagaimana indahnya situs Anda tidak akan mengubah kenyataan bahwa sebagian orang tidak akan membeli pada saat kunjungan pertama. Mungkin mereka belum yakin. Prospek Anda mungkin ingin mencari informasi dari situs lain. Atau mereka masih dalam tahap perencanaan sehingga pilihan belum diputuskan.

Itulah sebabnya diperlukan suatu metode agar dapat merangkul dan menuntun mereka melalui suatu proses. Jika Anda dapat membuktikan bahwa Anda memahami apa yang mereka lalui, mendemonstrasikan bahwa Anda sanggup membantu mereka atau memiliki tawaran terbaik yang mereka cari, maka pada saat mereka siap nantinya… dapat Anda tebak siapa yang mereka ingat. Dan tebak ke mana uang mereka akan mengalir?

Website tidak dapat melakukan semua tugas dengan baik. Oleh sebab itu dibutuhkan email sebagai sarana komunikasi. Ada sistem yang mengizinkan Anda mengumpulkan nama dan alamat email prospek dan mengirimkan mereka informasi-informasi dengan teratur. Jadi tidak perlu kuatir bila suatu saat Anda akan memiliki seratus ribu bahkan sejuta orang dalam daftar prospek Anda, semuanya dapat ditangani dengan sistematis.

Alternatif sarana yang dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan prospek adalah media sosial. Di Facebook, Anda dapat berkomunikasi secara hampir real-time dengan mereka, berinteraksi, meminta pendapat, memberikan tips dan bahkan mengirimkan promosi dan informasi produk baru.

Kedua teknik di atas sangat berbeda implementasinya, tapi inti pemakaiannya sama. Bila Anda belum yakin harus dengan strategi ini, ketahuilah bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru sampai lima kali dari biaya untuk mendapatkan penjualan dari pelangga yang telah ada. Pelanggan yang pernah membeli selalu akan mengingat Anda selagi ada kesempatan, bila pengalaman yang Anda berikan baik.

6. M – Money

Semua langkah di atas tujuannya adalah mendatangkan pendapatan yang menguntungkan. Semua proses di atas harus Anda lalui bila ingin sampai pada tahap ini. Uang tidak akan berpindah tangan kecuali Anda dapat mencari pelanggan dan memberikan sesuatu yang bernilai sebagai gantinya.

Setelah memiliki pengunjung dan menghasilkan penjualan, salah satu langkah yang harus Anda lakukan adalah optimasi proses sehingga taraf konversi seseorang dari pengunjung ke prospek dan prospek ke pelanggan semakin tinggi. Jika awalnya dari 200 orang 1 membeli dan Anda meningkatkannya menjadi 1 pembeli setiap 100 orang, maka teorinya, keuntungan Anda berlipat ganda.

Jadi, sampai ke langkah ini bukan berarti akhir dari kesemuanya. Seperti halnya bisnis, semua merupakan proses yang terus dilakukan, dan berpotensi dikembangkan dan dimajukan.
 

0 komentar

Sponsor Clicksor.com

bidvertiser.com