Translate

Score prchecker.info

adsensecamp.com


Followers

Sponsor kumpulblogger.com

Sahabat Blog Saya

Label

Clicksor.com

Sabtu, 09 Maret 2013

Pengaruh Internet Terhadap Bisnis




Pengaruh Internet Terhadap Bisnis

Pengertian Bisnis Online adalah Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Dari definisi di atas dapat diartikan bahwa Bisnis Online adalah sebuah kegiatan usaha ekonomi dan perdagangan baik itu berupa barang ataupun jasa yang dilakukan melalui sistem elektronik dan jaringan, serta sistem transaksinya dilakukan secara tidak langsung bertatap muka antar pelaku bisnis.

Untuk medianya sendiri umumnya menggunakan layanan internet. Jika diperhatikan hampir semua sektor usaha di muka bumi ini sudah menggunakan sistem online, yang artinya bisnis tersebut menggunakan layanan internet.

Potensi Keuntungan dari Bisnis Online dan Pengaruh Internet Terhadap Bisnis Online

Coba anda telusuri dan amati pada situs-situs yang anda kunjungi, ada jutaan situs yang berbeda, namun hampir 99% tujuan akhir dari situs tersebut adalah bisnis online, yaitu upaya mendapatkan keuntungan menggunakan sarana internet. Jadi secara logika, bila bisnis online memang tidak menguntungkan, maka tidak akan ada banyak situs-situs yang berorientasi pada bisnis di internet, dan seorang pebisnis online tidak akan susah-susah membuat sebuah situs internet.


Hakekat dari bisnis online sendiri adalah memberikan informasi pada visitor tentang suatu produk atau jasa yang akan ditawarkan, termasuk keuntugan yang akan didapatkan bila konsumen membeli produk atau jasa tersebut.

Dibandingkan media lain seperti televisi, radio, koran, majalah, dsb. Bisnis di Internet memiliki kelebihan dan kekurangan, antara lain :

Kelebihan :
    *  Fasilitas Iklan dan Promosi yang Interaktif.
    * Jangkauan luas dan mendunia.
    * Relatif murah dan efisien.
    * Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja untuk bisa mempublikasikan iklan.

 Kekurangan :
    * Konsumen terbatas bagi mereka yang menggunakan internet, terutama yang menggunakan internet untuk keperluan bisnis/jual-beli.
    * Tidak mudah membangun kepercayaan dari konsumen, terutama bagi pelaku bisnis online yang baru dimana produknya yang ditawarkannya belum banyak dikenal orang.
    * Seorang pembisnis online dituntut untuk memiliki kemampuan marketing yang efektif,


 Jenis-Jenis Bisnis Online

Jenis bisnis online sendiri ada banyak macamnya, diantaranya :

- Affiliat / Refferal
Yaitu metode bisnis mempubilkasikan atau merekomendasikan suatu bisnis tertentu sehingga orang yang direferensikan tersebut bergabung dalam bisnis yang ditawarkan, kemudian komisi akan diberikan kepada orang yang telah telah merekrut.

- Reseller
Adalah sistem bisnis dimana kita menawarkan/memasarkan kembali produk/jasa seseorang/perusahaan dengan harga yang telah ditentukan dan dari penjualan tersebut kita diberikan komisi sesuai yang telah ditentukan.

- Toko Online
Toko online sama dengan kita menjual produk/jasa di toko/outlet kita sendiri, yang membedakan adalah kita memajang produk/jasa kita melalui online dan yang tampilkan adalah berupa gambar produk/banner.

- Multi Level Marketing (MLM)
Bukan hanya melalui tatap muka langsung saja, MLM juga bisa dilakukan melalui online dan bisnis ini sudah banyak dilakukan dan semakin menjamur.

- Trading
Transaksi yang dilakukan dalam bisnis trading sebagian besar menggunakan layanan internet. Oleh karenanya trading pun dikategorikan dalam bisnis online.

- Investasi
Investasi bukan hanya bisa dilakukan dalam sebuah lembaga yang berkantor dalam gedung besar dan megah, investasi juga bisa dilakukan melalui sistem online.

- Membership / keanggotaan
 Ada juga bisnis online yang menggunakan konsep membership / keanggotaan dimana hanya anggota-anggotanya saja yang bisa menjalankan bisnis tersebut. Untuk menjadi anggota biasanya kita diminta untuk mendaftar/register terlebih dahulu. Setelah itu ada penawaran keanggotaan yang free (gratis) dan juga berbayar, dimana masing-masing jenis keanggotaan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Contoh jenis bisnis membership ini adalah bisnis Paid to Click (PTC), Paid to Review (PTR), Pay per Click (PPC), Paid to Survey (PTS), dll.

- Perbankan.
 Dulu dalam dunia perbankan setiap transaksi dilakukan secara manual, namun dengan perkembangan teknologi sekarang semua bang sudah beralih pada sistem online.

Dan masih banyak lagi jenis-jenis bisnis online lainnya.

Tentang Mitos dan Kenyataan

Kebanyakan orang beranggapan bahwa bisnis online itu katanya punya potensi penghasilan yang luar biasa besar, dengan hanya modal yang minim, tanpa perlu kerja keras, hanya kerja dengan ongkang-ongkang kaki beberapa jam sehari, bisa kerja darimana saja dan kapan saja, tapi hasilnya bisa melimpah karena uang bisa didapat dengan mudah bak air mengalir deras dari internet. Mungkin anda mengira bahwa para master bisnis Online begitu mudah mencari uang dari internet.


Kenyataannya bahwa Businnes Online juga perlu perjuangan, setiap usaha apapun tidak ada yang instan. Meskipun Bisnis Online begitu banyak bertebaran, akan tetapi tidak sedikit juga yang SCAM alias bisnis menipu. Jadi jika anda ingin menggeluti bisnis online untuk mencari uang di internet. Teliti dulu, cari info sebanyak-banyaknya tentang bisnis online yang akan anda geluti nantinya. Jangan sampai anda menyesal dan akhirnya malas dan trauma dengan Bisnis Online.

Memang benar dalam bisnis online terkadang kita hanya memerlukan modal kecil, namun untuk mendapatkan  hasil dari usaha tersebut pun dibutuhkan kesabaran dan pengorbanan tenaga, waktu dan pikiran. Karena hasil yang didapat pun tentunya tidak akan serta merta besar tanpa membutuhkan proses yang panjang.

Sistem pembayaran dalam bisnis online


Adapun sistem pembayaran dalam bisnis online ada 2 caram, yaitu :

   1. Sistem transfer melalui lembaga keuangan lokal seperti Bank, Jasa Pos, Western Union.
   2. Sistem transfer melalui media rekening online yang kemudian diteruskan ke bank lokal melalui transfer atau melalui cek/giro, seperti Paypal, Liberty Reserve, e-Gold, Payza, Alert Pay, dll.


0 komentar

Sponsor Clicksor.com

bidvertiser.com